29 April 2010

KURIKULUM PESANTREN

Pondok Pesantren Albidayah Cangkorah menyelenggarakan kurikulum terpadu antara Bidang Studi Umum (Kurikulum Kementrian Pendidikan Nasional), Bidang Studi Agama (Kurikulum Kementrian Agama), dan Kajian Kepesantrenan (Kurikulum Pesantren) dalam satu sistem yang terpadu secara integral. Kurikulum yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Albidayah terbagi atas intra kurikuler, ko-kurikuler, dan ekstra kurikuler.

Intra kurikuler merupakan kegiatan yang melibatkan tenaga pengajar secara langsung dengan sistem klasikal (marhalah). Ko-kurikuler merupakan kegiatan tambahan santri (muatan lokal) yang wajib diikuti seperti pelatihan dakwah, pelatihan tilawatil Qur'an, pelatihan kaligrafi, pelatihan komputer, pramuka, keputrian, dan lain-lain. Sedangkan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang boleh dipilih oleh santri dengan tidak mengesampingkan intra maupun ko-kurikuler.


Dalam rangka meningkatkan kualitas output yang lebih akurat dan memadai dalam konteks kebutuhan masyarakat luas yang variatif, maka dilakukan kegiatan-kegiatan antara lain:
  1. Kajian Kitab Kuning
  2. Pembinaan Tilawatil Qur’an
  3. Pembacaan Aurad Khusus
  4. Pembacaan Nazhom al-Barzanji
  5. Tahfizhul Qur’an
  6. Pelatihan Dakwah dan Retorika
  7. Pelatihan Komputer (ICT)
  8. Pendalaman Bahasa Arab
  9. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
  10. Pramuka dan Keputrian
  11. Paskibra dan Pasukan Khusus
  12. Pengembangan Seni Qasidah, Hadrah, dan Marawis
  13. Pengembangan Jurnalistik
  14. Pengembangan Olahraga
  15. Pengembangan Eksakta dan Lab Skill (Kimia, Fisika, Biologi)
  16. Pengembangan Seni Teater, Puisi dan Saritilawah
  17. Pengembangan Pencinta Alam dan Wawasan Lingkungan Hidup
  18. Pelatihan Kepemimpinan
 
KAJIAN KITAB KUNING
DI PESANTREN ALBIDAYAH CANGKORAH

Sebagaimana pada umumnya pesantren, Pondok Pesantren Albidayah melaksanakan pengajian dengan sumber dan literatur yang dinamis, relevan dan sesuai dengan perkembangan serta kemampuan para santrinya. Dan untuk lebih mengoptimalkan proses transfer ilmu kepada seluruh santri, kompetensi yang wajib dikaji dan dikuasai oleh para santri tidak terlalu banyak, antara lain:

01.  Kajian al-Qur'an
-   Tutorial Tajwid wa Tahsin
-   Tahfizh (lebih ditekankan pada Tahfizh Juz ‘Amma)
-   Kitab Tuhfah al-Athfal

02.   Kajian al-Hadits
-   Kitab Tanqih al-Qauli
-   Kitab Hadits Arba’in

03.   Kajian Fiqih
-   Kitab Safinat an-Naja
-   Kitab Sulam al-Munajat
-   Kitab Fath al-Qarib
-   Tutorial Risalah al-Ubudiyah

04.   Kajian Tauhid
-   Kitab Tijan ad-Darory

05.   Kajian Nahwu
-   Kitab al-Ajjurumiyah
-   Kitab Nazhm al-‘Imrithy

06.   Kajian Shorof
-   Kitab Amtsilat at-Tashriifiyyah


SISTEM KLASIKAL (MARHALAH)
DI PESANTREN ALBIDAYAH CANGKORAH

Sistem klasifikasi tingkatan atau yang lebih dikenal dengan istilah marhalah yang diterapkan di Pondok Pesantren Albidayah Cangkorah berbeda dengan sistem klasifikasi yang pada umumnya diterapkan di sekolah atau madrasah. Berdasarkan kemampuan, daya serap, dan hasil dari Placement Test, terdapat 4 (empat) marhalah di Pondok Pesantren Albidayah Cangkorah, di antaranya adalah sebagai berikut:

A.   MARHALAH I’DADY
Merupakan tahap persiapan sebelum mengkaji dan memperdalam al-Qur’an, al-Hadits, dan kitab-kitab kuning. Pada umumnya terdiri dari santri kelas VII Madrasah Tsanawiyah (MTs). Akan tetapi tidak menutup kemungkinan ada beberapa santri kelas VIII MTs, bahkan kelas X dan XI Madrasah Aliyah (MA). Kompetensi yang dikaji adalah:
-   Tajwid wa Tahsin
-   Tutorial Risalah al-Ubudiyah
-   Iqro 4, 5, dan 6
-   Dasar-dasar Ilmu Fiqih
-   Dasar-dasar Ilmu Tauhid
-   Dasar-dasar Ilmu Shorof

B.   MARHALAH AWWALY
Merupakan tahap awal di mana santri mulai mengkaji dan mempelajari al-Qur’an, al-Hadits, dan kitab-kitab kuning. Pada umumnya terdiri dari santri kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan kelas X Madrasah Aliyah (MA). Akan tetapi tidak menutup kemungkinan ada beberapa santri kelas VII dan IX MTs. Kompetensi yang dikaji adalah:
-   Tajwid wa Tahsin
-   Tutorial Risalah al-Ubudiyah
-   Tahfizh Juz ‘Amma
-   Kajian Fiqih (Safinah an-Naja)
-   Kajian Nahwu (al-Ajjurumiyyah)
-   Kajian Shorof (Amtsilat at-Tashriifiyyah)
-   Kajian Tauhid (Tijan ad-Darory)

C.   MARHALAH WUSTHO
Merupakan tahap lanjutan dari Marhalah Awwaly, di mana para santri tidak hanya mengkaji dan mempelajari, tetapi juga memperdalam dan menghafal berbagai kompetensi, mulai dari al-Qur’an, al-Hadits, dan kitab-kitab kuning. Pada umumnya terdiri dari santri kelas IX Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan kelas XI Madrasah Aliyah (MA). Akan tetapi tidak menutup kemungkinan ada beberapa santri kelas VIII MTs dan kelas XII MA. Kompetensi yang dikaji adalah:
-   Tajwid wa Tahsin
-   Tutorial Risalah al-Ubudiyah
-   Tahfizh Juz ‘Amma
-   Kajian Fiqih (Sulam al-Munajat)
-   Kajian Nahwu (al-Ajjurumiyyah)
-   Kajian Shorof (Amtsilat at-Tashriifiyyah)
-   Kajian Tauhid (Tijan ad-Darory)

D.   MARHALAH ‘ALY
Merupakan kelas tertinggi di Pondok Pesantren Albidayah Cangkorah, di mana selain mengkaji, mempelajari, memperdalam dan menghafal berbagai kompetensi, para santri juga harus mampu memecahkan berbagai permasalahan atau kasus yang berkaitan dengan masing-masing kompetensi yang dikaji, mulai dari al-Qur’an, al-Hadits, dan kitab-kitab kuning. Pada umumnya terdiri dari santri kelas XII Madrasah Aliyah (MA). Akan tetapi tidak menutup kemungkinan ada beberapa santri kelas IX MTs, santri kelas X dan XI MA. Kompetensi yang dikaji adalah:
-   Tutorial Risalah al-Ubudiyah
-   Tahfizh Juz ‘Amma dan Juz Awwal
-   Kajian Fiqih (Fath al-Qarib)
-   Kajian Nahwu (Nazhm al-‘Imrithy)
-   Kajian Shorof (Amtsilat at-Tashriifiyyah)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar